5 Aspek Penting dalam Penulisan Jurnal - MasterJurnal
Cari Jurnal Ilmiah? Tinggal Klik-Klik, Beres!

5 Aspek Penting dalam Penulisan Jurnal

Oleh Staf • 4 June 2016 • Kategori: Blog

about

Menulis jurnal bukanlah pekerjaan yang dapat dilakukan dalam waktu semalam. Jurnal membutuhkan konsentrasi dan proses kreatif yang panjang. Betapa tidak? Jurnal harus memiliki bobot akademis sekaligus informative bagi pembaca. Selain itu, jurnal harus dapat memberikan wawasan baru atau minimal pengetahuan yang penting bagi para pembaca. Di samping hal-hal yang harus ada di dalam jurnal tersebut, penulis jurnal juga tidak boleh meninggalkan kaidah-kaidah jurnal yang menjadi prasyarat standard penulisan jurnal.
Untuk menghasilkan jurnal yang baik dan dapat berterima baik, ada beberapa hal yang harus diperhatikan penulis. Berikut adalah beberapa bagian penting di dalam persiapan maupun proses penulisan jurnal:

Pemilihan Topik

Topik jurnal merupakan bagian paling vital dalam penulisan jurnal untuk disiplin ilmu apa saja. Topik yang tepat akan menentukan menarik tidaknya sebuah jurnal. Selain itu, penulis dapat pula menciptakan kontroversi yang berujung diskusi menarik dari topik yang dipilih. Topik yang terkini dapat pula menjadikan jurnal bermanfaat karena jurnal dengan topic terkini biasanya banyak dicari dan dijadikan pedoman penulisan untuk jurnal baru dengan bahasan topic yang serupa.

Pemilihan Diksi yang Tepat

Jurnal, sama halnya dengan tulisan ilmiah yang lain, harus ditulis dengan bahasa ilmiah yang meyakinkan pembaca. Selain tata bahasa yang baik serta penggunakan tanda baca yang tepat, jurnal juga harus ditulis dengan menggunakan pilihan kata yang tepat. Diksi atau pilihan kata pada jurnal hendaknya dapat menambahkan nilai jurnal. Selain itu, pembaca harus lebih tertarik untuk membaca jurnal hingga akhir tanpa mengalami gangguan akibat kesalahan diksi. Di samping itu, diksi atau pemilihan kata yang tepat diharapkan dapat membuat jurnal mampu menyampaikan ide dan kesimpulan dengan benar.

Posisi Penulis

Dalam jurnal yang berisi opini, penulis harus dapat memberikan gambaran yang jelas mengenai posisi. Baik pro ataupun kontra, posisi penulis merupakan bagian yang penting dalam memberikan paparan ide dalam jurnal. Selain itu, posisi penulis dapat pula memberikan kekuatan pada isi jurnal. Dengan memberikan paparan secara jelas mengenai posisi penulis, jurnal akan lebih mudah dalam memaparkan ide maupun kontroversi yang diangkat. Bahkan, posisi penulis akan membuat jurnal lebih menarik.

Mengutip Jurnal

Kutipan di dalam jurnal dapat diibaratkan sebagai suara pendukung yang dapat meningkatkan kredibiliat sebuah jurnal. Di samping itu, kutipan dapat pula menjadi pedoman atau ide dasar dari jurnal. Kutipan bahkan dapat menjadi dasar hukum yang menjadi landasan topik di dalam jurnal. Namun demikian, memilih jurnal atau karya tulis untuk dikutip terkadang sedikit sulit. Kutipan harus diseleksi agar tidak terjadi bias dalam penulisan jurnal. Selain itu, ketidaksesuaian kutipan dipastikan dapat menodai kualitas sebuah karya jurnal.

Publikasi Jurnal

Ketika jurnal telah berhasil ditulis, publikasi jurnal sangat diperlukan. Publikasi jurnal dapat memberikan ruang bagi sebuah jurnal untuk menjadi bermanfaat. Untuk itu, penting bagi penulis untuk menentukan di manakan jurnal akan diterbitkan. Saat ini, berbagai portal jurnal dan karya ilmiah dapat menjadi wadah untuk penerbitan jurnal. Jurnal online sudah tidak lagi dianggap tidak valid. Untuk itu, publikasi jurnal di media online bukanlah pilihan yang buruk.

Beberapa faktor di atas dapat dioptimalkan untuk meningkatkan kualitas jurnal. Syarat-syarat tersebut dapat pula memberikan nilai tambah pada karya tulis jurnal. Jurnal yang ditulis dengan memperhatikan hal-hal di atas akan dapat lebih mudah diterima dan memberikan manfaat bagi pembaca.

 
Total 5473 mahasiswa telah terdaftar. Buruan Gabung!
"Cari Jurnal lebih mudah dan cepat berkat MasterJurnal.com", Simak Apa kata mereka >> Disini <<
Promo Diskon 50% sebelum 1 Januari 2015, info lengkap: Klik Disini >>>

    Customer Support

    Download Jurnal Ilmiah Lokal & Internasional - MasterJurnalHalo! Adakah yang bisa kami bantu? :) .
    Cek dahulu halaman FAQs kami.

     
    Download Jurnal Ilmiah Lokal & Internasional - MasterJurnal