80 Persen Lelaki Dewasa di Aceh Adalah Perokok - MasterJurnal
Cari Jurnal Ilmiah? Tinggal Klik-Klik, Beres!

80 Persen Lelaki Dewasa di Aceh Adalah Perokok

Oleh Staf MasterJurnal • 1 June 2013 • Kategori: Blog

about

Banda Aceh — Pemerintah Kota Banda Aceh mengimbau warganya agar tidak merokok pada Jumat, 31 Mei 2013, untuk peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia. Imbauan dikeluarkan oleh Wali Kota Banda Aceh Mawardy Nurdin.

Imbauan yang disosialisasikan melalui selebaran dan media massa itu bertujuan untuk memberikan pemahaman hidup sehat kepada masyarakat, mengingat amat banyak warga Aceh yang merokok.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh, Media Yulizar, mengatakan, berdasarkan hasil riset kesehatan dasar, di Aceh, hampir 80 persen lelaki dewasa ialah perokok. “Mereka rata-rata menghabiskan rokok 18 batang per hari,” katanya.

Akibatnya, Provinsi Aceh berada pada peringkat pertama dari 33 provinsi di Indonesia untuk angka stroke dan penyakit jantung. Kemudian menduduki peringkat kedua untuk hipertensi dan penyakit diabetes melitus.

Media Yulizar juga mengungkapkan, berdasarkan data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dari hasil survei 2011, Indonesia merupakan negara dengan jumlah perokok ketiga terbesar di dunia setelah Cina dan India, yaitu 34 persen. Artinya, satu orang dari tiga orang di Indonesia ialah perokok.

Di dunia diperkirakan kebiasaan merokok setiap tahun menyebabkan kematian 5,4 juta jiwa. Oleh karena itu, sejak tahun 1988, Dewan Kesehatan Dunia melalui resolusi WHO menyerukan agar dirayakan Hari Tanpa Tembakau Sedunia setiap tanggal 31 Mei.

*) Tempo.co, Jumat 31 Mei 2013

 
Total 5473 mahasiswa telah terdaftar. Buruan Gabung!
"Cari Jurnal lebih mudah dan cepat berkat MasterJurnal.com", Simak Apa kata mereka >> Disini <<
Promo Diskon 50% sebelum 1 Januari 2015, info lengkap: Klik Disini >>>

    Customer Support

    Download Jurnal Ilmiah Lokal & Internasional - MasterJurnalHalo! Adakah yang bisa kami bantu? :) .
    Cek dahulu halaman FAQs kami.

     
    Download Jurnal Ilmiah Lokal & Internasional - MasterJurnal