Alasan Anak 3 Tahun Benci Berbagi - MasterJurnal
Cari Jurnal Ilmiah? Tinggal Klik-Klik, Beres!

Alasan Anak 3 Tahun Benci Berbagi

Oleh Staf MasterJurnal • 4 April 2013 • Kategori: Blog

about

Sydney — Anda termasuk orang yang pelit atau mau berbagi dengan orang lain? Pertanyaan itu mungkin tidak cocok dilontarkan untuk anak usia tiga tahun. Soalnya, di usia tersebut anak benci bila harus berbagi.

Sebuah penelitian Amerika Serikat telah mengungkapkan, anak-anak berusia tiga tahun memang telah tahu aturan berbagi dan berharap orang lain juga melakukan hal yang sama.

Namun waktu anak itu mendapatkan benturan, misalnya temannya pelit, anak akan cenderung menjaga bagian yang terbesar dan bakal mengakui sebanyak bagian sebelum dibagi.

Penelitian University of Michigan yang diterbitkan di jurnal ilmiah PLoS One menemukan, balita memang memahami aturan berbagi, tapi jika ia merasa dirugikan atau untung, anak-anak itu akan mulai mengikuti aturan ketika besar nanti.

Peneliti meneliti 28 anak yang dipilih acak menjadi 3 kelompok usia, 3-4 tahun, 5-6 tahun, dan 7-8 tahun. Peneliti menemukan, tanpa memandang usia, anak-anak mengetahui kalau dirinya harus berbagi sama dan yang lain juga harus melakukannya. Namun, ketika diuji, anak-anak berusia 3-6 tahun gagal mempraktikkan apa yang didengarnya sampai mencapai usia 7-8 tahun. Saat itu, mayoritas anak-anak membagi rata dan berharap mendapat balasan yang sama.

Emmie Kirton, balita berusia 3 tahun, senang berbagi puzzle dengan teman-temannya. Ia tumbuh menjadi anak yang senang berbagi dengan dua saudaranya Cassius (5) dan Felix (6). Ibunya Kate Kirton mengatakan, anak-anaknya semuanya mau berbagi.

“Saya pikir itu karena usia mereka dekat sehingga mau berbagi,” katanya seperti dikutip News.com.au, Senin (25/3/2013).

“Tapi kalau permen atau telepon saya, mereka tidak mau berbagi,” jelasnya.

*) Liputan 6, 25 Maret 2013

 
Total 5473 mahasiswa telah terdaftar. Buruan Gabung!
"Cari Jurnal lebih mudah dan cepat berkat MasterJurnal.com", Simak Apa kata mereka >> Disini <<
Promo Diskon 50% sebelum 1 Januari 2015, info lengkap: Klik Disini >>>

    Customer Support

    Download Jurnal Ilmiah Lokal & Internasional - MasterJurnalHalo! Adakah yang bisa kami bantu? :) .
    Cek dahulu halaman FAQs kami.

     
    Download Jurnal Ilmiah Lokal & Internasional - MasterJurnal