Contoh Jurnal: Dapatkah Menjawab Kebutuhan Akademisi? - MasterJurnal
Cari Jurnal Ilmiah? Tinggal Klik-Klik, Beres!

Contoh Jurnal: Dapatkah Menjawab Kebutuhan Akademisi?

Oleh Staf • 4 June 2016 • Kategori: Blog

about

Mencari contoh jurnal tidak lagi sulit seperti di masa lalu. Contoh jurnal dapat dicari dengan mudah melalui internet. Portal jurnal dan karya tulis ilmiah dibuka secara gratis di dunia online. Pembaca dan amademisi dapat mencari contoh jurnal dengan berbagai topik di internet. Namun demikian, jurnal dengan topik khusus masih sedikit sulit untuk ditemukan.

Ada berbagai alasan mencari contoh jurnal di internet. Pertama, pembaca, akademisi, atau bahkan para pengajar mencari contoh jurnal sebagai bahan rujukan untuk penulisan jurnal lanjutan dengan topik yang sama. Selain itu, jurnal juga sering dicari untuk bahan pembanding. Di dalam penulisan skripsi, karya ilmiah, jurnal, maupun thesis, bahan pembanding dari tulisan terdahulu adalah sebuah kewajiban. Penulis diharuskan memberikan kutipan yang dapat mendukung atau setidaknya menerangkan tentang topik yang tengah dibahas dalam sebuah jurnal.

Pada dasarnya, contoh jurnal akan menjadi bagian dari daftar pustaka. Oleh karena itu, jurnal tidak kurang adalah karya ilmiah atau tulisan yang secara akademis dapat diterima. Mengingat luasnya dunia internet dan longgarnya sistem penyaringan plagiarisme di dunia internet, akademisi harus dapat mencari portal terpercaya untuk mencari contoh jurnal.

Pada portal karya ilmiah yang memuat jurnal dengan berbagai ragam keilmuan, biasanya pencari contoh jurnal akan mendapati jurnal dari bermacam tahun. Ada baiknya pengecekan dilakukan secara menyeluruh agar tidak terjadi kesalahan dalam pengutipan. Tidak ada salahnya untuk mengecek ulang keabsahan atau originalitas jurnal di mesin mencari online. Hal tersebut dapat memudahkan pengguna jurnal untuk melihat bahwa jurnal benar-benar berasal dari penulis yang tertera pada jurnal yang telah mereka temukan.

Pada beberapa kasus, jurnal tidak diberikan dalam bentuk yang utuh melainkan hanya sebagian. Umumnya, bagian jurnal yang tersedia hanya bagian abstrak jurnal. Isi di dalam abstrak jurnal biasanya sudah dapat memberikan jawaban atau setidaknya gambaran atas isi jurnal secara menyeluruh.

Berikut adalah contoh abstrak jurnal yang dapat ditemukan di media online:
EUTHANASIA DALAM PERSPEKTIF MEDIS DAN
BERKAITAN DENGAN ETIKA PROFESI DOKTER
ABSTRAK

Euthanasia merupakan masalah yang sering dihadapi oleh kalangan medis dan kedokteran berkaitan dengan penyakit yang diderita oleh pasien yang sudah tidak dapat disembuhkan oleh dokter. Euthanasia sering disebut dengan bunuh diri berbantukan. Pro dan kontra mengenai euthanasia dikemukakan oleh berbagai kalangan; baik ditinjau dari prespektif agama maupun secara medis. Ditinjau dari hakikat profesinya, seorang dokter harus berusaha menyembuhkan dan meringankan penderitaan pasiennya. Oleh karena itu, seorang dokter harus berusaha optimal dengan menggunakan ilmu pengetahuan maupun peralatan medis modern untuk dapat menyelamatkan jiwa pasien dari ancaman kematian. Pasal 7d Kode Etik Kedokteran Indonesia (KODEKI) menyebutkan pengaturan tentang Euthanasia dari segi medis. Dalam hal ini, dokter dilarang mengakhiri hidup pasien (euthanasia), walaupun menurut ilmu kedokteran dan pengalamannya pasien tersebut sudah tidak dapat disembuhkan. Dokter sebagai tenaga profesional bertanggung jawab dalam setiap tindakan medis yang dilakukan terhadap pasien. Untuk itu, pertanggungjawaban yang melekat pada seorang dokter khususnya dalam kasus euthanasia adalah pertanggungjawaban pidana, etis, dan profesi. Di Indonesia, peraturan perundang-undangan yang mengatur tentang euthanasia belum diatur secara jelas. Di Negara-negara lain, misalnya Belanda dan Amerika Serikat, peraturan perundangan tentang euthanasia sudah dibuat dan diberlakukan walaupun dengan syarat-syarat tertentu, sehingga dapat memberikan rasa aman kepada para personil medis untuk mengambil tindakan euthanasia. Hal ini sangat berbeda dengan Indonesia yang lebih menjunjung tinggi nilai moral dan keagamaan sehingga pemberlakuan euthanasia masih banyak mendapat argumen kontra.

 
Total 5473 mahasiswa telah terdaftar. Buruan Gabung!
"Cari Jurnal lebih mudah dan cepat berkat MasterJurnal.com", Simak Apa kata mereka >> Disini <<
Promo Diskon 50% sebelum 1 Januari 2015, info lengkap: Klik Disini >>>

    Customer Support

    Download Jurnal Ilmiah Lokal & Internasional - MasterJurnalHalo! Adakah yang bisa kami bantu? :) .
    Cek dahulu halaman FAQs kami.

     
    Download Jurnal Ilmiah Lokal & Internasional - MasterJurnal