Langkah-Langkah Penulisan Jurnal Ilmiah - MasterJurnal
Cari Jurnal Ilmiah? Tinggal Klik-Klik, Beres!

Langkah-Langkah Penulisan Jurnal Ilmiah

Oleh Staf • 4 June 2016 • Kategori: Blog

about

Dalam proses akademik, mahasiswa akan dihadapkan pada beberapa tugas penulisan karya ilmiah. Berbagai jurusan di dalam universitas akan mengharuskan mahasiswanya untuk menulis berbagai karya tulis ilmiah sebagai prasyarat untuk kelulusan mata kuliah tertentu atau bahkan syarat kelulusan. Di samping itu, karya ilmiah sering diperlombakan di dunia akademik untuk memberikan materi baru dalam pembelajaran dan inovasi dunia pendidikan. Bahkan, karya ilmiah dapat menjadi prestige tersendiri karena selain ilmu, karya ilmiah seperti jurnal ilmiah dapat menunjukkan eksistensi sebuah institusi pendidikan dan para akademisi yang tergabung di dalamnya.
Penulisan jurnal ilmiah dapat dipelajari berdasarkan beberapa pedoman. Berikut adalah beberapa pedoman penulisan jurnal ilmiah yang baik.

Faktor penting pertama dalam penulisan jurnal ilmiah adalah judul. Judul jurnal harus memiliki kandungan kata kunci sehingga dapat memudahkan pengguna jurnal untuk menangkap garis besar dalam sebuah jurnal. Judul jurnal yang baik haruslah memberikan detil yang jelas untuk membuka jurnal ilmiah. Jurnal ilmiah bukan juga sebuah karya fiksi yang boleh memberikan teka-teki akan isi dan penjelasan di dalamnya.

Kedua, jurnal ilmiah harus ditulis dengan abstrak yang baik. Abstrak bisa dikatakan rangkuman dengan maksud memberikan uraian singkat mengenai isi seutuhnya. Bagian abstrak dalam jurnal harus mampu menggambarkan isi jurnal sehingga pembaca mampu mencerna topik jurnal secara singkat. Abstrak berisi sekitar 250 kata yang menjelaskan beberapa hal termasuk tujuan, metode penelitian, hasil riset, dan kesimpulan. Di dalam abstrak, disajikan pula posisi yang dipilih oleh penulis. Jika penulis berada dalam posisi kontra, maka abstrak harus berisi posisi tersebut untuk memudahkan pembaca memahami arah pembahasan jurnal ilmiah.

Selanjutnya, jurnal ilmiah harus diawali dengan pendahuluan yang menarik. Di dalam pendahuluan, penulis dapat menyertakan pembukaan yang menarik. Pembukaan dapat ditulis dari kutipan riset sebelumnya atau temuan ilmuwan terdahulu. Hal ini akan dapat memberikan kesan menarik bagi pembaca. Selain itu, penulis harus menyertakan kerangka teori yang luas pada bagian pendahuluan. Segala poin yang akan meluas ke arah pembahasan dapat dibagi di bagian ini untuk memberikan cakupan informasi kepada pembaca. Informasi tentang latar belakang masalah juga dapat disajikan di dalam pendahuluan. Namun demikian, perlu diingat bahwa dalam membuat pendahuluan, penting bagi penulis untuk meringkas. Pendahuluan harus singkat untuk mencegah meluasnya topik.

Berikutnya, penulis harus menulis metode penelitian secara singkat. Hal ini penting dilakukan untuk menjelaskan tentang riset atau prosedur dalam penulisan jurnal ilmiah. Metode penelitian pada umumnya dibagi menjadi dua. Kualitatif dan kuantitatif. Proses riset dapat dijelaskan secara singkat pada bagian ini.

Pada bagian berikutnya, jurnal ilmiah dapat memuat hasil dari metode yang diterapkan. Data dan hasil riset harus disajikan dengan ringkas dan ilmiah dengan teks naratif yang jelas, tabel, maupun gambar. Setelah bagian-bagian tersebut tertulis dengan rapi, penulis dapat menyajikan pembahasan secara ringkas.

Jurnal ilmiah kemudian harus ditutup dengan kesimpulan yang padat untuk memberikan garis besar dan hasil dari keseluruhan pembahasan dan proses eksposisi dalam jurnal ilmiah. Jurnal ilmiah yang baik akan mengikuti semua prosedur yang diwajibkan karena seluruh bagian memiliki fungsi yang penting. Di akhir bagian, daftar pustaka harus ditulis dengan rapi dan jelas untuk mengesahkan jurnal ilmiah. Daftar pustaka harus ditulis dengan benar dan tidak diperkenankan menulis daftar pustaka fiksi karena daftar pustaka dapat dijadikan rujukan untuk akademisi yang ingin membahas topik yang sama ataupun peneliti selanjutnya.

 
Total 5473 mahasiswa telah terdaftar. Buruan Gabung!
"Cari Jurnal lebih mudah dan cepat berkat MasterJurnal.com", Simak Apa kata mereka >> Disini <<
Promo Diskon 50% sebelum 1 Januari 2015, info lengkap: Klik Disini >>>

    Customer Support

    Download Jurnal Ilmiah Lokal & Internasional - MasterJurnalHalo! Adakah yang bisa kami bantu? :) .
    Cek dahulu halaman FAQs kami.

     
    Download Jurnal Ilmiah Lokal & Internasional - MasterJurnal