LIPI: Banjir Mestinya Bisa Diprediksi - MasterJurnal
Cari Jurnal Ilmiah? Tinggal Klik-Klik, Beres!

LIPI: Banjir Mestinya Bisa Diprediksi

Oleh Staf MasterJurnal • 27 March 2013 • Kategori: Blog

about

Jakarta — Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia menilai bencana banjir dan tanah longsor semestinya dapat diantisipasi dengan waktu yang relatif dan diprediksi, sehingga dapat meminimalisasi kerugian harta benda dan korban jiwa.

“Namun, masih terbatasnya kemampuan penanggulangan bencana mulai dari prabencana waktu bencana dan pascabencana, membuat banjir dan longsor selalu menjadi masalah pelik yang sukar terpecahkan,” kata Kepala Pusat Penelitian Fisika Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Bambang Widyatmoko waktu diskusi publik Mitgasi Banjir dan Longsor: Kajian Ilmiah LIPI untuk Pencegahan Banjir dan Longsor di Jakarta, Selasa (26/3).

Menurutnya, LIPI sebagai lembaga riset selalu mendorong peningkatan pemanfaatan ilmu pengetahuan untuk memecahkan masalah nasional, khususnya kebencanaan.

Data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menunjukkan sebanyak 315 kabupaten/kota dengan penduduk 60,9 juta jiwa tinggal di daerah rawan banjir, sementara 270 kabupaten/kota dengan penduduk 124 juta jiwa berada di daerah rawan longsor.

Peneliti Geoteknologi LIPI Adrian Tohari mengatakan dari data tersebut menunjukkan bahwa daerah rawan banjir dan longsor perlu mendapat perhatian serius. “Hal ini terkait dengan penanggulangannya dan pemanfaatan teknologi untuk pencegahannya,” ucapnya.

*) ROL, 26 Maret 2013

 
Total 5483 mahasiswa telah terdaftar. Buruan Gabung!
"Cari Jurnal lebih mudah dan cepat berkat MasterJurnal.com", Simak Apa kata mereka >> Disini <<
Promo Diskon 50% sebelum 1 Januari 2015, info lengkap: Klik Disini >>>

    Customer Support

    Download Jurnal Ilmiah Lokal & Internasional - MasterJurnalHalo! Adakah yang bisa kami bantu? :) .
    Cek dahulu halaman FAQs kami.

     
    Download Jurnal Ilmiah Lokal & Internasional - MasterJurnal