Mengenal Jurnal Ekonomi - MasterJurnal
Cari Jurnal Ilmiah? Tinggal Klik-Klik, Beres!

Mengenal Jurnal Ekonomi

Oleh Staf • 4 June 2016 • Kategori: Blog

about

Di dalam dunia akademik dan bisnis, jurnal menempati peran yang penting. Jurnal ditulis dengan kemampuan intelektual dan akan menghasilkan ide baru. Oleh karena itu, dalam hampir segala bidang pendidikan dan bisnis, jurnal selalu diterbitkan untuk memberikan manfaat tersebut. Jurnal dapat berupa ide baru ataupun berupa ide kontra akan suatu topic. Jika artikel umumnya memberikan ide yang segar atau kontroversi atas sesuatu, jurnal lebih ke arah saintifik dan akademis.

Berbagai macam jurnal dapat kita temui dengan mudah di dalam buku kompilasi jurnal nasional dan internasional. Selain itu, portal akademis juga banyak memuat jurnal dalam berbagai disiplin ilmu. Jurnal ekonomi adalah salah satunya. Jurnal ekonomi umumnya ditulis untuk dua kepentingan: untuk memenuhi tugas akademik jurusan ekonomi atau untuk memberikan manfaat yang luas untuk sektor ekonomi.

Jurnal yang ditulis untuk kepentingan tugas umumnya ditulis dengan topik seputar materi akademik. Antara lain, jurnal ekonomi management, jurnal akuntansi, jurnal ekonomi mikro, jurnal ekonomi mikro, dan jurnal ekonomi terapan. Jurnal ekonomi yang berasal dari dunia ekonomi bisnispun banyak ditulis untuk memenuhi kebutuhan jurnal di bidang ekonomi. Jurnal yang ditulis untuk kepentingan pelaku ekonomi dan masyarakat luas antara jurnal ekonomi perbankan dan jurnal manuver ekonomi negara maju dan berkembang.

Jurnal ekonomi ditulis dengan mengikuti kaidah jurnal yang sudah disepakati. Jurnal ekonomi harus diawali dengan judul ringkas yang dapat memberikan gambaran tentang kasus atau topic yang dipilih. Selain itu, jurnal ekonomi juga harus dibuka dengan abstrak yang baik. Abstrak tidak harus berupa ringkasan tapi merupakan intisari dari topik di dalam jurnal. Di samping itu, abstrak harus memberikan gambaran yang jelas dan informasi yang dibutuhkan oleh pembaca jurnal. Kata kunci harus dipilih dari yang paling mewakili jurnal ekonomi yang disajikan. Jurnal ekonomi harus pula dilengkapi dengan pendahuluan yang baik. Pendahuluan harus pula diikuti dengan rumusan masalah yang jelas. Pembahasan, kesimpulan, dan daftar pustaka harus pula disertakan untuk melengkapi jurnal ekonomi.

Seringkali, jurnal ekonomi disamakan dengan jurnal akuntansi. Jurnal akuntansi yang dimaksud berbeda dengan jurnal ekonomi dengan struktur di atas. Jurnal akuntansi yang memuat informasi debit dan kredit dibuat untuk membuat laporan finansial perusahaan atau badan usaha. Sedangkan jurnal ekonomi murni ditulis untuk memberikan pengetahuan dengan topik tertentu. Jurnal akuntansi pada dasarnya dibuat untuk membukukan pengeluaran dan pemasukan dalam kas badan usaha agar diketahui secara jelas laba atau rugi yang dihasilkan dalam tahun tertentu. Jurnal ekonomi dan jurnal akuntansi jelas berbeda. Namun demikian, kata kunci pencarian jurnal di mesin pencari jurnal ekonomi sering diarahkan ke jurnal akuntansi yang merupakan produk laporan keuangan dengan prinsip berbeda dengan jurnal ekonomi.
Untuk menulis jurnal ekonomi yang baik, ada baiknya penulis mulai membuat riset dengan mengumpulkan jurnal ekonomi dari penulis terdahulu. Hal ini bukan sesuatu yang tabu karena berkaca pada studi yang lalu adalah termasuk keharusan dalam membuat sebuah tulisan akademik. Selain itu, penting pula untuk membuat jurnal ekonomi dengan topik yang menarik. Jurnal ekonomi dengan motif pembaharuan yang mampu meningkatkan pengetahuan dengan dunia ekonomi dan bisnis juga disarankan. Jurnal-jurnal ekonomi dan bisnis diharapkan mampu membawa manfaat baik bagi dunia ekonomi secara teoritis maupun praktik. Sumber jurnal ekonomi baik dari tingkat nasional maupun internasional dapat didapatkan di portal jurnal online.

 
Total 5473 mahasiswa telah terdaftar. Buruan Gabung!
"Cari Jurnal lebih mudah dan cepat berkat MasterJurnal.com", Simak Apa kata mereka >> Disini <<
Promo Diskon 50% sebelum 1 Januari 2015, info lengkap: Klik Disini >>>

    Customer Support

    Download Jurnal Ilmiah Lokal & Internasional - MasterJurnalHalo! Adakah yang bisa kami bantu? :) .
    Cek dahulu halaman FAQs kami.

     
    Download Jurnal Ilmiah Lokal & Internasional - MasterJurnal