Menulis Jurnal Pendidikan - MasterJurnal
Cari Jurnal Ilmiah? Tinggal Klik-Klik, Beres!

Menulis Jurnal Pendidikan

Oleh Staf • 4 June 2016 • Kategori: Blog

about

Berkutat dengan penulisan karya ilmiah seperti thesis, jurnal pendidikan, dan jurnal ilmiah tidaklah mudah. Ada beberapa aspek yang wajib dipenuhi agar karya ilmiah dapat berterima baik. Selain dari syarat-syarat yang harus dipenuhi, jurnal ilmiah wajib pula mengedepankan asas manfaat bagi dunia akademis. Hal ini tidak mudah untuk dipenuhi mengingat penulisan jurnal ilmiah sering dianggap sebagai beban. Sehingga, penulisan karya ilmiah semisal jurnal ilmiah menjadi tidak berdasarkan topik yang bermanfaat tapi hanya ditulis asal jadi untuk memenuhi tugas saja.

Menulis jurnal pendidikan, jurnal ilmiah, jurnal ekonomi, jurnal kesehatan, jurnal hukum, dan jurnal lainnya memerlukan waktu dan disiplin tinggi. Penulis jurnal umumnya harus mengumpulkan banyak materi dan juga penelitian sebelumnya untuk merujuk jurnal mereka. Selain itu, penulis perlu membuat tulisan yang rapi dan berisi untuk memberikan manfaat dari jurnal yang mereka tulis. Namun demikian, umumnya penulis jurnal akan mengalami kesulitan atau bisa dikatakan putus asa setelah jurnal yang ditulis rapi tidak mendapatkan persetujuan atau tidak diakui.

Namun demikian, akamedisi harus pantang menyerah menghadapi kegagalan publikasi atau penolakan semacam itu. Penolakan adalah sebuah kewajaran pada setiap proses penerbitan di luar dari topik apapun yang ditulis. Bahkan, jurnal pendidikan akan ditolak beberpa kali sebelum akhirnya diterima dan dapat diterbitkan. Untuk itu, diperlukan macam-macam tenik untuk meningkatkan isi jurnal pendidikan sehingga dapat diterima untuk kemudian diterbitkan.

Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan atau setidaknya dipelajari dari ditolaknya jurnal pendidikan ataupun jurnal lainnya.

Memahami mengapa jurnal ditolak.
Adalah berbagai alasan dan permasalahan mengapa jurnal ditolak. Umumnya, penolakan jurnal didasarkan beberapa masalah yang harus diterima terlebih dahulu oleh penulis. Terkadang, alasan penolakan klise dan bahkan tidak masuk akal. Namun demikian, dunia penulisan jurnal memang seketat itu. Sehingga penulis diharuskan membuat jurnal dengan sesempurna mungkin sehingga penolakan serupa tidak terulang untuk penerbitan jurnal di tempat lain.

Topik yang kurang berterima baik.
Sama halnya dengan jurnal akademik yang berfungsi sebagai tugas, jurnal pendidikan kadang ditolak karena topic yang tidak sesuai. Jurnal penelitian, misalnya, terkadang dipilih untuk membuat jurnal pendidikan. Hal tersebut tentunya menjadikan alasan ditolaknya jurnal pendidikan. Selain itu, penulis umumnya menggunakan topik yang hanya dibahas di permukaan. Ini akan membuat jurnal pendidikan terlihat dangkal. Untuk itu, memperbaiki jurnal haruslah dengan mengembangkan tulisan dan bahkan menggali lebih dalam lagi untuk membuat jurnal semakin berisi. Tanpa membuat jurnal pendidikan lebih berbobot, penulis dihimbau untuk tidak menerbitkan jurnal di tempat lain karena kemungkinan hasilnya akan sama saja. Hal ini dikarena jurnal pendidikan memiliki standardisasi penilaian yang sama.

Jurnal pendidikan tidak orisinil.
Sama halnya dengan menulis proyek akademik lain, menulis jurnal harus melewati seleksi plagiarisme yang ketat. Bahkan, ide penulisan dan topik jurnal diharapkan asli dan orisinil. Namun demikian, hal tersebut terkadang sulit direalisasikan karena jurnal pendidikan jumlahnya tidak sedikit dan bahkan setelah fasilitas online dibuat, jurnal pendidikan meningkat jumlah publikasinya. Oleh karena itu, menulis jurnal, khususnya jurnal pendidikan harus didasarkan pada orisinalitas yang tinggi.
Faktor-faktor di atas akan menjadi motivasi atau bahan koreksi untuk jurnal yang ditolak. Jurnal tetap dapat diterbitkan kembali setelah melalui proses revisi. Menulis jurnal akan menjadi pengalaman akademik yang berharga apabila penulis mampu menciptakan karya yang orisinil dan bermanfaat.

 
Total 5473 mahasiswa telah terdaftar. Buruan Gabung!
"Cari Jurnal lebih mudah dan cepat berkat MasterJurnal.com", Simak Apa kata mereka >> Disini <<
Promo Diskon 50% sebelum 1 Januari 2015, info lengkap: Klik Disini >>>

    Customer Support

    Download Jurnal Ilmiah Lokal & Internasional - MasterJurnalHalo! Adakah yang bisa kami bantu? :) .
    Cek dahulu halaman FAQs kami.

     
    Download Jurnal Ilmiah Lokal & Internasional - MasterJurnal