Otak Perempuan Lebih Kecil Tapi Berpikir Lebih Cepat - MasterJurnal
Cari Jurnal Ilmiah? Tinggal Klik-Klik, Beres!

Otak Perempuan Lebih Kecil Tapi Berpikir Lebih Cepat

Oleh Staf MasterJurnal • 21 March 2013 • Kategori: Blog

about

Sebuah penelitian baru-baru ini menemukan fakta bahwa otak perempuan lebih kecil dari otak laki-laki. 

Walau begitu, penelitian ini juga mengindikasikan bahwa perempuan menggunakan otak mereka dengan lebih efektif.

Otak perempuan menggunakan energi dan jumlah sel yang lebih sedikit untuk mendapatkan hasil yang sama, bahkan kadang lebih baik dari kinerja otak pria. 

Pria mungkin memiliki rangkaian neuron yang lebih banyak, tetapi perempuan memiliki lebih banyak koneksi antarneuron. Hal ini memungkinkan perempuan berpikir lebih singkat.

Penelitian yang dilakukan oleh sejumlah ahli saraf dari Universitas California dibantu kolega mereka di Madrid ini mencari tahu mengapa perempuan mampu memiliki tingkat intelegensi yang setara dengan laki-laki, meskipun ukuran otak mereka rata-rata 8 persen lebih kecil.

Penelitian tersebut difokuskan pada bagian otak yang disebut hippocampus, yang berperan penting untuk memori dan emosi. 

Bagi pria, semakin besar ukuran hippocampus dan semakin banyak jumlah neuron dalam otaknya, semakin tinggi pula tingkat intelegensinya.

Namun, lain halnya pada perempuan – ukuran hippocampus-nya tidak lantas mengindikasikan tingkat intelegensi yang lebih tinggi. Bahkan, penelitian ini menemukan bahwa semakin kecil ukuran hippocampus pada perempuan, semakin baik kinerja otaknya.

Peneltian yang dilakukan atas hasil tes psikologi kepada 59 perempuan dan 45 laki-laki pada usia 18 hingga 27 tahun ini dipublikasikan dalam jurnal ilmiah Intelligence. 

Profesor Trevor Robbins dari Universitas Cambridge beranggapan, bahwa ini merupakan studi yang menarik, meskipun masih tetap memerlukan penelitian lebih lanjut.

“Penelitian ini menemukan bahwa semakin kecil ukuran hippocampus pada perempuan, semakin baik pula kerja otaknya. Ukuran tidak selamanya menentukan sebaik apa kinerja sebuah komponen,” ujar Robbins. 

“Ukuran yang lebih kecil dapat menunjukkan rangkaian sel saraf yang lebih padat atau pengiriman sinyal yang lebih aktif di antara sel-sel otak, artinya mereka mampu bekerja lebih efektif.”

*) Berita Satu, 4 Maret 2013

 
Total 5483 mahasiswa telah terdaftar. Buruan Gabung!
"Cari Jurnal lebih mudah dan cepat berkat MasterJurnal.com", Simak Apa kata mereka >> Disini <<
Promo Diskon 50% sebelum 1 Januari 2015, info lengkap: Klik Disini >>>

    Customer Support

    Download Jurnal Ilmiah Lokal & Internasional - MasterJurnalHalo! Adakah yang bisa kami bantu? :) .
    Cek dahulu halaman FAQs kami.

     
    Download Jurnal Ilmiah Lokal & Internasional - MasterJurnal