Proses Penerbitan Jurnal Internasional - MasterJurnal
Cari Jurnal Ilmiah? Tinggal Klik-Klik, Beres!

Proses Penerbitan Jurnal Internasional

Oleh Staf • 4 June 2016 • Kategori: Blog

about

Menjadi bagian dari penerbitan jurnal internasional merupakan kebanggaan bagi setiap akademisi. Jurnal internasional bertujuan merangkum kemajuan pemikiran dari kalangan akademisi yang akan dijadikan rujukan untuk membahas ilmu yang terkait. Selain itu, jurnal internasional akan menjadi bahan seminar atau bahkan bahan ajar di lembaha pendidikan internasional pula. Singkatnya, publikasi jurnal internasional akan menjadi prestige tersendiri baik bagi penulis maupun penerbit. Bahkan, tempat penulis berkarya dan universitas tempat penulis mengembangkan potensi akan ikut terangkat dengan keberhasilan sebuah jurnal menjadi jurnal internasional.

Namun demikian, jurnal internasional tentunya harus memenuhi persyaratan yang ketat. Jurnal wajib mendapatkan penilain dari banyak pihak sebelum dikirim dan diterbitkan. Untuk itu, penolakan jurnal adalah hal yang wajar. Jurnal yang ditolak belum tentu tidak memenuhi syarat sama sekali dan tidak lagi dapat diterbitkan. Penulis tetap dapat menggunakan tulisan di dalam jurnal dengan beberapa perbaikan yang penting.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memahami kesalahan dan kemudian memperbaikinya. Jurnal internasional akan melewati rekognisi dari berbagai pihak yang terkait sehingga jurnal diharapkan tidak memuat aspek yang tidak harus berada di dalam jurnal. Umumnya penulis tahu di antara topik atau presentasi yang membuat jurnal tidak layak. Bahkan, jurnal mungkin saja ditolak karena alasan sederhana seperti hal-hal yang berkaitan dengan grammar, ejaan, tanda baca, atau hal-hal remeh lainnya yang harus segera diperbaiki. Jurnal internasional harus ditulis dalam bahasa Inggris karena umumnya jurnal internasional akan dikompilasi dengan jurnal internasional yang diterbitkan berbagai negara. Untuk itu, jurnal harus ditulis dalam Bahasa Inggris. Untuk itu, penting bagi jurnal yang akan dikirimkan ke lembaga penerbit jurnal internasional untuk dikoreksi ketat pada bagian bahasanya. Bahasa Inggris untuk berbagai topic kadang memiliki kekhasan tersendiri. Oleh karena itu, pada aspek bahasa ini saja, penulis harus mencurahkan energi yang lebih. Di samping itu, bahasa jurnal untuk topic tertentu wajib memenuhi standar kosakata yang mampu mewakili kualitas jurnal.

Koreksi dan revisi berulang akan membuat jurnal internasional semakin berterima baik. Untuk itu, tidak semua jurnal dapat lolos menjadi jurnal internasional. Penulis umumnya akan mudah menerima penolakan untuk pertama kalinya. Pada penolakan selanjutnya, menulis jurnal akan semakin berat. Betapa tidak, penulis mungkin telah mencurahkan semua yang harus dilakukan untuk merevisi tapi tulisan tidak kunjung diterima. Itulah mengapa jurnal internasional terkadang memerlukan waktu yang panjang untuk proses penyelesaian hingga akhirnya terbit. Penulis mungkin berhenti sejenak pada satu atau dua penolakan yang diterima. Menulis jurnal internasional memerlukan perjuangan yang berat karena memang hasil sempurnalah yang diharapkan. Hasil baik dalam jurnal internasional harus melalui tangan pereview jurnal atau editor jurnal yang handal. Saat ini, ada banyak editor manuskrip jurnal profesional yang dapat ditemui untuk membantu dalam proses penulisan jurnal internasional.

Selain meningkatkan bahasa, grammar, isi, dan perbandingan studi, penulis juga harus menulis jurnal dengan riset dan rujukan yang baik. Hal inilah yang dapat menjadi penghalang bagi penulisan jurnal internasional. Terkadang, lamanya penulisan jurnal atau sulitnya topik jurnal membuat riset kadaluarsa. Ini akan menjadi berat karena melakukan riset ulang bukanlah hal yang mudah.
Setelah melalui berbagai koreksi dan revisi, jurnal internasional akan tampil menjadi karya tulis ilmiah yang dapat diterima dengan baik. Jurnal internasioal berkualitas karena telah melalui proses panjang dan berat dalam penerbitan karya tulis akademik.

 
Total 5473 mahasiswa telah terdaftar. Buruan Gabung!
"Cari Jurnal lebih mudah dan cepat berkat MasterJurnal.com", Simak Apa kata mereka >> Disini <<
Promo Diskon 50% sebelum 1 Januari 2015, info lengkap: Klik Disini >>>

    Customer Support

    Download Jurnal Ilmiah Lokal & Internasional - MasterJurnalHalo! Adakah yang bisa kami bantu? :) .
    Cek dahulu halaman FAQs kami.

     
    Download Jurnal Ilmiah Lokal & Internasional - MasterJurnal