Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Prestasi

ABSTRAK

Latar belakang keseimbangan antara kecerdasan Intelektual dan kecerdasan emosional merupakan kunci keberhasilan belajar peserta didik di sekolah. Dari 15 mahasiswa 8 orang mengatakan bahwa belum paham mengenai pentingnya kecerdasan emosional dalam meraih prestasi. 5 orang mengatakan bahwa tidak hanya IQ saja yang dibutuhkan meraih prestasi belajar tetapi kecerdasan emosional juga berpengaruh, sedangkan 2 orang mengatakan tidak tahu mengenai kecerdasan emosional dan mengatakan bahwa nilai yang didapatkan semester lalu kurang memuaskan

Tujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar mahasiswa DIII kebidanan Tingkat I Politeknik Kesehatan Surakarta.

Metode penelitian ini menggunakan desain Survey analitik dengan pendekatan waktu secara Cross Sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Diploma III Kebidanan Tingkat I di Poltekkes Surakarta. teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Purposive sampling dengan jumlah sampel berjumlah 40 mahasiswa. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Analisa data yang digunakan adalah Person Product Moment.

Hasil kecerdasan emosional mahasiswa DIII kebidanan sebagian besar mahasiswa mempunyai kategori cukup sebesar (85,0%). Prestasi belajar mahasiswa kategori sangat memuaskan sebesar (62,5%). Hasil analisis Person Product Momment diperoleh nilai p value hitung sebesar 0,000 dengan r hitung sebesar 0,783

Kesimpulan Ada hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar mahasiswa DIII kebidanan tingkat I Politeknik Kesehatan Surakarta.


Keywords: download jurnal kebidanan, jurnal kebidanan, kebidanan
Categories: Kebidanan