Situs Kampus Hanya Pintu Keluar untuk Melihat Kualitas - MasterJurnal
Cari Jurnal Ilmiah? Tinggal Klik-Klik, Beres!

Situs Kampus Hanya Pintu Keluar untuk Melihat Kualitas

Oleh Staf MasterJurnal • 19 March 2013 • Kategori: Blog

about

Jakarta – Webometrics sebuah lembaga yang memberikan pemeringkatan terhadap perguruan tinggi di seluruh dunia berdasarkan kepopuleran situs universitas tersebut. Namun, Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Bambang Cipto menyebut, situs universitas hendaknya mencakup keseluruhan aktivitas di kampus itu.

Dia mengungkap, penetapan peringkat universitas melalui Webometrics, bukan berarti penilaian dari bentuk website secara luar atau bentuknya saja. Namun, yang terpenting dari itu semua ialah isi website mencerminkan kegiatan di dalamnya. Sebab, situs hanya dijadikan pintu keluar untuk melihat kualitas suatu universitas.

“Website itu sebagai tolok ukur Webometrics untuk melihat dan menilai, apa saja kegiatan yang telah dilakukan oleh suatu universitas. Kegiatan itu di antaranya seperti penelitian, seminar, konferensi, diskusi, workshop, pertukaran pelajar, serta kegiatan akademik lainnya,” ujar Bambang, seperti dinukil dari laman UMY, Selasa (19/2/2013).

Oleh karena itu, Webometrics pun memberikan apresiasi positif terhadap UMY. Tahun ini, UMY berada di peringkat ke-14 se-Indonesia serta peringkat pertama Perguruan Tinggi Swasta (PTS) se-Jawa Tengah dan DIY. “Tanpa adanya kegiatan-kegiatan tersebut, masyarakat luas tidak akan pernah tahu kita ini siapa. Website hanya dijadikan pintu keluar untuk melihat kualitas kami. Selain itu juga, karena banyaknya kegiatan yang kami laksanakan kemudian diinformasikan pada publik, maka inilah hasil yang kami dapatkan,” tuturnya.

Apresiasi dari Webometrics mendatangkan keuntungan tersendiri untuk sebuah perguruan tinggi, termasuk UMY. “Selain untuk promosi, ini juga menjadi poin plus untuk kami sebagai salah satu universitas swasta, yang nantinya dapat menarik lebih banyak lagi calon mahasiswa baru,” imbuh Guru Besar Hubungan Internasional (HI) UMY itu.

Bambang manambahkan, peringkat yang didapatkan UMY pada tahun ini, menunjukkan UMY lebih kreatif dalam segi penelitian dan kegiatan yang bersifat akademis. Sehingga dia berharap, pada periode berikutnya UMY mampu meningkatkan performa di Webometrics, yaitu lima besar.

Senada dengan Bambang, Pelaksana Tugas Wakil Rektor I UMY Navi Ananda Utama menyatakan, untuk memenuhi target tersebut banyak pekerjaan rumah yang menanti UMY. Mulai dari memperbanyak jurnal ilmiah hingga menjalin kerjasama luar negeri.

“Secara normatif kami akan tetap mempertahankan apa yang telah tercapai. Namun, kami juga akan meningkatkan jumlah publikasi internasional yang terindeks, dan juga kerjasama luar negeri. Tujuannya ialah untuk mencapai target kami selanjutnya, yaitu menjadi 10 besar, kemudian masuk lima besar,” kata Navi.

*) Okezone, 19 Februari 2013

 
Total 5473 mahasiswa telah terdaftar. Buruan Gabung!
"Cari Jurnal lebih mudah dan cepat berkat MasterJurnal.com", Simak Apa kata mereka >> Disini <<
Promo Diskon 50% sebelum 1 Januari 2015, info lengkap: Klik Disini >>>

    Customer Support

    Download Jurnal Ilmiah Lokal & Internasional - MasterJurnalHalo! Adakah yang bisa kami bantu? :) .
    Cek dahulu halaman FAQs kami.

     
    Download Jurnal Ilmiah Lokal & Internasional - MasterJurnal