Teknik Sampling dalam Penelitian - MasterJurnal
Cari Jurnal Ilmiah? Tinggal Klik-Klik, Beres!

Teknik Sampling dalam Penelitian

Oleh Staf MasterJurnal • 18 November 2013 • Kategori: Blog

about

Dalam sebuah riset, secara umum dikenal dua macam teknik sampling yaitu random sampling atau probability sampling dan non-random sampling atau nonprobability sampling.

Random sampling ialah cara pengambilan sampel yang memberikan kesempatan yang sama untuk diambil kepada tiap subjek populasi. Bila unsur populasi ada 1000 dan yang akan dijadikan sampel ialah 100, maka setiap elemen tersebut mempunyai kemungkinan 100/1000 untuk dapat dipilih menjadi sampel. Sedang non-random sampling, setiap unsur populasi tidak mempunyai kemungkinan yang sama untuk dijadikan sampel. Unsur populasi dipilih sebagai sampel karena letaknya dekat dengan tempat tinggal peneliti sementara yang lain, karena jauh tidak dipilih, artinya kemungkinannya nol (0).

Dua macam teknik sampling di atas mempunyai tujuan yang berbeda. Bila peneliti ingin hasil risetnya dapat dijadikan ukuran untuk melakukan generalisasi maka seharusnya sampel representatif dan diambil secara acak. Tapi jika peneliti tidak mempunyai kemauan melakukan generalisasi dalam suatu penelitian, maka sampel dapat diambil secara tidak acak. Sampel tidak acak umunya juga diambil jika tidak mempunyai data pasti ihwal ukuran populasi dan informasi lengkap ihwal sebuah populasi.

Setiap macam teknik sampling, terdapat beberapa teknik yang lebih spesifik lagi. Dalam random sampling dikenal dengan istilah simple random sampling, stratified random sampling, cluster sampling, systematic sampling, dan area sampling. Dalam nonprobability sampling dikenal beberapa teknik, antara lain convenience sampling, purposive sampling, quota sampling, snowball sampling.

 
Total 5473 mahasiswa telah terdaftar. Buruan Gabung!
"Cari Jurnal lebih mudah dan cepat berkat MasterJurnal.com", Simak Apa kata mereka >> Disini <<
Promo Diskon 50% sebelum 1 Januari 2015, info lengkap: Klik Disini >>>

    Customer Support

    Download Jurnal Ilmiah Lokal & Internasional - MasterJurnalHalo! Adakah yang bisa kami bantu? :) .
    Cek dahulu halaman FAQs kami.

     
    Download Jurnal Ilmiah Lokal & Internasional - MasterJurnal