Tiga Tahapan Konseling yang Perlu Anda Tahu - MasterJurnal
Cari Jurnal Ilmiah? Tinggal Klik-Klik, Beres!

Tiga Tahapan Konseling yang Perlu Anda Tahu

Oleh Staf • 24 October 2014 • Kategori: Blog

about

Tiga tahadapan dalam proses konseling, yaitu:

  1. Tahap pembukaan. Pada tahap ini konselor memulai dengan rapport dengan counselee sehingga memiliki hubungan yang dekat dan memungkinkan proses konseling berjalan dengan baik.
  2. Tahap pelaksanaan. Pada tahapan ini konselor membantu counselee untuk mengidentifikasi asumsi counselee mengenai dunianya. Konselor juga membantu counselee untuk bisa menjelaskan tentang bagaimana mereka memahami dan merasakan keberadaannya di dunia. Dengan cara sedemikian rupa, konselor memancing agar counselee mampu menggambarkan keberadaannya dan membahas peran counselee dalam terciptanya permasalahan yang sekarang sedang dihadapi counselee. Counselee dianjurkan untuk lebih memeriksa sumber yang berperan dalam yang mempengaruhi sistem nilai yang mereka miliki saat ini. Dalam proses eksplorasi diri ini, counselee diharapkan memunculkan wawasan, nilai-nilai, dan sikap baru tentang kehidupan dan keberadaannya.
  3. Tahap akhir (terminasi). Setelah eksplorasi counselee terhadap diri mereka sendiri, proses konseling berfokus pada bagaimana counselee mampu untuk mengaplikasikan wawasan, nilai-nilai, serta sifat-sifat yang ditemukannya dalam tahapan sebelumnya dalam tindakan yang nyata. Tujuan terapi ini agar counselee mampu untuk menemukan cara menerapkan hal-hal yang dipelajari dan ditemukannya selama proses konseling serta menginternalisasikan nilai-nilai baru dalam cara yang konkrit.

Demikian, semoga bermanfaat.

 
Total 5483 mahasiswa telah terdaftar. Buruan Gabung!
"Cari Jurnal lebih mudah dan cepat berkat MasterJurnal.com", Simak Apa kata mereka >> Disini <<
Promo Diskon 50% sebelum 1 Januari 2015, info lengkap: Klik Disini >>>

    Customer Support

    Download Jurnal Ilmiah Lokal & Internasional - MasterJurnalHalo! Adakah yang bisa kami bantu? :) .
    Cek dahulu halaman FAQs kami.

     
    Download Jurnal Ilmiah Lokal & Internasional - MasterJurnal