Tips Menulis Jurnal Penelitian - MasterJurnal
Cari Jurnal Ilmiah? Tinggal Klik-Klik, Beres!

Tips Menulis Jurnal Penelitian

Oleh Staf • 4 June 2016 • Kategori: Blog

about

Jurnal menjadi bagian yang penting dalam dunia akademik. Penelitian adalah kegiatan yang umumnya akan menghasilkan ilmu baru berdasarkan fakta. Selain itu, penelitian juga mampu memberikan gambaran yang baik atas asumsi dari topik yang dipilih untuk penulisan jurnal. Namun demikian, jurnal penelitian umumnya akan mengalami beberapa kesulitan. Misalnya, penelitan akan sulit apabila target tidak tercapai. Seringkali, hambatan ada pada faktor audiens yang tidak dapat bekerjasama untuk mengumpulkan data. Namun demikian, jurnal penelitian harus tetap ditulis dengan fakta dan tidak diperkenankan untuk rekayasa data. Penelitian biasanya memerlukan pula biaya yang besar. Jurnal penelitian di bidang pendidikan, misalnya, memerlukan biaya riset yang tidak sedikit karena akan membutuhkan biaya transportasi, biaya cetak, biaya mobilisasi, bahkan biaya tak terduga yang bisa tinggi nilainya.
Jurnal penelitian juga tidak akan luput dari revisi dan koreksi. Hal ini dapat sedikit membebani penulis jurnal mengingat biaya jurnal penelitian tidak sedikit. Namun demikian, ada banyak langkah yang dapat dilakukan untuk mendapatkan hasil maksimal dalam proses revisi jurnal penelitian. Selain itu, ada proses yang harus dilalui untuk menghindari revisi yang banyak atau bahkan ditolaknya jurnal penelitian. Berikut adalah langkah yang harus diterapkan untuk menghindari revisi jurnal penelitian.

Gunakanlah alat proofread gratis. Saat ini, banyak alat proofread gratis yang bisa digunakan di internet. Penulis dapat juga menggunakan software yang mampu memberikan hasil proofread maksimal. Mengecek grammar pada jurnal penelitian yang akan dikirim sebagai bagian dari jurnal internasional akan memberikan hasil yang optimal.

Mengecek ulang orisinalitas. Hal ini sangat penting untuk dilakukan karena manuskrip jurnal harus asli dan bukan produk plagiat. Untuk itu, penting bagi penulis untuk menggunakan alat pengecek plagiarisme. Ada bermacam servis online yang berguna untuk kepentingan ini dan ditawarkan secara gratis. Penulis hanya harus mencari servis tersebut di internet. Alat tersebut akan meyakinkan penulis bahwa karya adalah asli dan bukan duplikat. Terkadang, penulis jurnal penelitian berasumsi bahwa karya mereka sudah orisinil. Akan tetapi, kesalahan pengutipan atau ketidaksesuaian kaidah pengutipan dapat menjadi masalah dalam hal plagiarisme. Oleh karena itu, selain menggunakan alat pengecek tersebut, penulis jurnal juga harus memastikan bahwa mereka telah mengutip dengan benar dan menuliskan penulis atau peneliti yang asli. Dengan cara mengutip yang benar, penulis jurnal dapat mempertanggungjwabkan isi dari jurnal yang mereka hasilkan.

Memverifikasi media online yang menjadi sumber data. Seringkali, akademisi mengkritik penulis jurnal yang banyak menggunakan media online sebagai sumber informasi dan data. Hal ini dikarenakan banyak sumber online yang tidak dapat digunakan sebagai sumber karena tidak melalui standar penulisan yang diijinkan dalam pembuatan karya akademik. Selain itu, sumber online sering tidak menyertakan penulis sehingga sulit bagi penulis jurnal penelitian untuk membuat kutipan yang dapat diterima secara akademik. Ada beberapa sumber yang lengkap seperti Wikipedia, yang tidak bisa digunakan sebagai sumber karena penulis bisa berasal dari siapa saja dan tidak dapat dicari secara pasti. Selain itu, banyak sumber online yang berisi opini tanpa riset sehingga keabsahannya belum bisa diterima oleh penyeleksi jurnal penelitian.

Jangan mengabaikan panduan penulisan jurnal penelitian. Jurnal adalah karya tulis yang wajib mengikuti aturan dan kaidah yang berlaku, sehingga wajib bagi penulis untuk mengikuti panduan dengan tepat dan benar.

 
Total 5473 mahasiswa telah terdaftar. Buruan Gabung!
"Cari Jurnal lebih mudah dan cepat berkat MasterJurnal.com", Simak Apa kata mereka >> Disini <<
Promo Diskon 50% sebelum 1 Januari 2015, info lengkap: Klik Disini >>>

    Customer Support

    Download Jurnal Ilmiah Lokal & Internasional - MasterJurnalHalo! Adakah yang bisa kami bantu? :) .
    Cek dahulu halaman FAQs kami.

     
    Download Jurnal Ilmiah Lokal & Internasional - MasterJurnal