Unnes Kukuhkan Tiga Guru Besar - MasterJurnal
Cari Jurnal Ilmiah? Tinggal Klik-Klik, Beres!

Unnes Kukuhkan Tiga Guru Besar

Oleh Staf MasterJurnal • 21 March 2013 • Kategori: Blog

about

Semarang — Di tengah ketatnya persyaratan dan sulitnya mengajukan permohonan menjadi guru besar ke Ditjen Dikti Kemdikbud, Kamis (14/3), Universitas Negeri Semarang (Unnes) mengukuhkan tiga profesor sekaligus. Mereka ialah guru besar dari dua fakultas di Unnes, yaitu Fakultas Matematikan dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) dan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP).

Lebih dari setengah tahun universitas konservasi itu tidak mengukuhkan guru besar dan pada awal 2013 ini, Unnes kembali ngunduh tiga profesor sekaligus dalam waktu bersamaan.

Tak dapat dimungkiri, belakangan ini Ditjen Dikti mengetatkan persyaratan usulan jabatan guru besar. Langkah itu diambil sebagai upaya untuk mengantisipasi praktik plagiarisme (penjiplakan) karya di kalangan kaum intelektual.

Selain harus mengunggah karya ilmiah, Ditjen Dikti juga memberlakukan persyaratan bahwa dosen wajib memiliki minimal satu tulisan di jurnal internasional.

“Di Unnes, dosen yang mengusulkan jabatan guru besar pun kami seleksi ketat sejak dari fakultas hingga universitas. Sebab, kami juga tidak ingin Dikti jadi ‘tempat sampah’ berkas para calon guru besar yang belum sempurna,” ungkap Rektor Unnes Prof Sudijono Sastroatmodjo, sehabis pengukuhan guru besar.

Profesor ke-80, ke-81, dan ke-82 Unnes tersebut akan menyampaikan orasi ilmiah satu per satu. Prof Ani Rusilowati (ilmu pendidikan MIPA) akan menyampaikan orasi berjudul Peningkatan Literasi Sains Siswa Melalui Pengembangan Instrumen Penilaian. Prof Joko Sutarto (manajemen pendidikan nonformal) akan menyampaikan orasi berjudul Optimalisasi Faktor Penentu Mutu Layanan Pendidikan Non Formal. Adapun Prof Kasmadi Imam Supardi (ilmu manajemen pendidikan kimia) membawa orasi berjudul Kimia dalam Pendidikan Sains Terintegrasi.

*) Suara Merdeka, 15 Maret 2013

 
Total 5483 mahasiswa telah terdaftar. Buruan Gabung!
"Cari Jurnal lebih mudah dan cepat berkat MasterJurnal.com", Simak Apa kata mereka >> Disini <<
Promo Diskon 50% sebelum 1 Januari 2015, info lengkap: Klik Disini >>>

    Customer Support

    Download Jurnal Ilmiah Lokal & Internasional - MasterJurnalHalo! Adakah yang bisa kami bantu? :) .
    Cek dahulu halaman FAQs kami.

     
    Download Jurnal Ilmiah Lokal & Internasional - MasterJurnal