Wuih, Skripsi Mahasiswa UGM Masuk Jurnal Internasional - MasterJurnal
Cari Jurnal Ilmiah? Tinggal Klik-Klik, Beres!

Wuih, Skripsi Mahasiswa UGM Masuk Jurnal Internasional

Oleh Staf MasterJurnal • 25 March 2013 • Kategori: Blog

about

Jakarta — Program pertukaran pelajar menjadi kesempatan untuk para mahasiswa mencicipi kehidupan akademis maupun budaya masyarakat di negara berbeda. Tidak ingin membuang kesempatan, program pertukaran pelajar pun dimanfaatkan Arista Handayani untuk menyelesaikan penelitian bahkan mencatatkannya dalam jurnal internasional.

Arista merupakan mahasiswa Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta yang pertama kali berhasil melakukan pertukaran pelajar dan skripsi di Chubu University, Jepang sejak Maret 2012 hingga Februari lalu. Tidak hanya itu, hasil penelitian mahasiswa angkatan 2008 itu pun masuk dalam jurnal internasional Plant and Cell Physiology.

Dalam penelitiannya, Arista melakukan riset mengenai Biologi molekuler pada tanaman Arabidopsis thaliana. Penelitian ini berfokus pada daun dan gen apa saja yang berperan pada tanaman dari famili Brassicaceae itu.

Tadinya, UGM akan mengirimkan dua perwakilan untuk program tersebut. Namun, setelah menjalani seleksi administrasi dan akademik, hanya Arista yang lolos mengikuti student exchange yang didanai oleh JASSO Scholarships tersebut.

Menurut Arista, penelitian di bawah bimbingan Chiyoko Machida (Chubu) dan Endang Semiarti (Fakultas Biologi UGM) itu merupakan penelitian murni ihwal efek gen pada tanaman. Ke depan, penelitian itu dapat diterapkan kepada macam tanaman lainnya.

Perubahan tersebut, lanjutnya, memungkinkan tanaman memiliki daun yang berbeda dari yang telah ada. “Misalnya mengenai perubahan bentuk daun dari normal menjadi daun yang berbentuk jarum atau berserabut,” urai mahasiswi kelahiran Banten, 26 Oktober 1989 itu.

*) Okezone, 21 Maret 2013

 
Total 5473 mahasiswa telah terdaftar. Buruan Gabung!
"Cari Jurnal lebih mudah dan cepat berkat MasterJurnal.com", Simak Apa kata mereka >> Disini <<
Promo Diskon 50% sebelum 1 Januari 2015, info lengkap: Klik Disini >>>

    Customer Support

    Download Jurnal Ilmiah Lokal & Internasional - MasterJurnalHalo! Adakah yang bisa kami bantu? :) .
    Cek dahulu halaman FAQs kami.

     
    Download Jurnal Ilmiah Lokal & Internasional - MasterJurnal